Berbagai manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya

   Buah Pepaya merupakan buah yang berbentuk bulat, bentuknya sperti buah pir akan tetapi buah ini lebih besar daipada buah pir,  Yang umum ditemukan di pasar biasanya rata-rata sekitar 7 inci . Buah ini berwarna orannye atau warna kuning bahkan campuran kedua warna tersebut (warna pepaya matang), warnah hijau daun jika buah ini masih muda. Manfaat Buah Pepaya Serta Khasiat Pepaya.
Kandungan Gizi Buah Pepaya

   Satu buah pepaya dengan ukuran sedang, mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein. Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari manfaat vitamin C dan satu buah pepaya, memberikan 224% dari kebutuhan harian. Kandungan pepaya lainnya terdiri dari :

  •     folat
  •     vitamin A
  •     magnesium
  •     tembaga
  •     asam pantotenat
  •     fiber.3
  •     vitamin B
  •     alfa
  •     beta karoten
  •     lutein
  •     zeaxanthan
  •     vitamin E
  •     kalsium
  •     kalium
  •     vitamin K
  •     lycopene (antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan manfaat tomat)

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat pepaya bagi kesehatan penting sekali terutama untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pepaya, mengurangi risiko kesehatan, bahkan mendukung kecantikan kulit seperti berikut :

 1. Menjaga Kesehatan Mata

Sudah jelas bahwa kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada buah pepaya tentu sangat bemanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

2. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

Selain kaya akan vitamin A buah pepaya juga kaya akan zat antioksidan yang tentunya bermanfaat sekali mencegah terjadinya oksidasi kolestrol yang menyebabkan stroke maupun serangan jantung.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Imunitas)
Mungkin anda perna mengalami yang namanya badan meriang, flu, dan demam secara tiba-tiba padahal cuaca sedang cerah. Hal ini bisa saja disebabkan karena menurunya kekebalan tubuh atau sistem imunitas kita. Bagi anda yang mengalaminya bisa mencoba mengkonsumsi buah pepaya untuk mengatasinya karena kandungan vitamin C pada buah ini mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4.  Mengatasi Sembelit dan Pemperlancar Pencernaan

Kandungan Papain pada pepaya mampu untuk membunuh bakteri yang menggangu sistem pencernaan serta sebagai biang penyebab sembelit. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur akan menghindarkan anda dari hal tersebut serta memperlacar BAB.

5. Menjaga Agar Kulit Tetap Sehat

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kering maupun kusam bisa mencoba mengatasinya dengan rajin mengkonsumsi buah pepaya. Kandungan vitamin C dan E pada buah ini akan mambantu mengatasi kulit kering serta meremajakan sel kulit anda.

6. Mengobati Luka Pada Kulit

Selain dagingbuah yang kaya akan manfaat ternyata kulit buah pepaya pun memiliki manfaat untuk mengobati luka. Maka dari itu jika anda menderita luka iritasi maupun luka gores pada kulit anda bisa mencoba mengobatinya dengan obat alami yang satu ini.

7. Pembersih Racun Dalam Tubuh
Banyak dari kita yang hobi mengkonsumsi makanan ce[at saji maupun makanan-makanan yang diolah dari bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Zat-zat terseut dapat berubah menjadi racun yang berbahaya. Maka dari itu dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin akan membuat antioksidan yang dikandungan menetralkan racun-racun tersebut.

Selain memberikan efek yang baik terhadap kesehatan fungsi tubuh, terdapat beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan seperti berikut :

   1. Daging buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.
   2. Penelitian membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.

Potensi Resiko Kesehatan di Dalam Buah Pepaya

Meskipun manfaat bauah pepaya ini cukup melimpah, namun terdapat resiko kesehatan yang harus diwaspadai. Seseorang yang alergi terhadap bahan lateks, mungkin akan alergi terhadap pepaya karena pepaya mengandung chitanases, yang sering menyebabkan reaksi silang terhadap lateks atau pada makanan yang mengandung zat tersebut

Asupan diet keseluruhan atau pola makan secara keseluruhan adalah hal yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Tentu saja, mengkonsumsi bahan makanan yang beragam, akan lebih baik daripada berkonsentrasi pada jenis makanan tertentu, sebagai kunci kesehatan yang seimbang.

0 Response to "Berbagai manfaat Buah Pepaya"

Posting Komentar