Manfaat Buah Semangka Sangat Cocok Buat Buka Puasa


   Buah semangka biasanya hanya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut. Tapi tentu saja, semangka sebagai pencuci mulut tidaklah mencukupi kebutuhan nutrisi harian.
   Meskipun mengkonsumsi buah-buahan adalah hal yang baik, namun diet menu makanan atau pola makan secara keseluruhan adalah hal yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang beragam daripada berkonsentrasi pada makanan tertentu, sebagai kunci untuk menjaga kesehatan tubuh yang baik.

Berikut ini adalah manfaat dari buah semangka:
1. Mencegah Asma

Manfaat semangka adalah buah ajaib untuk mencegah penyakit asma. Buah ini tidak menyembuhkan penyakit asma tapi hanya mencegah untuk tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pernafasan.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Semangka ternyata juga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Orang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka. Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung. Hal inilah yang membuat semangka menjadi buah menyegarkan untuk penderita hipertensi.

3. Menangkal Kanker

Semangka menjadi buah yang memiliki sumber tinggi vitamin C dan zar licopen. Kedua macam zat ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat semangka untuk kesehatan menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik untuk penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lain.

4. Otot nyeri

Semangka telah terbukti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada atlet. Para peneliti percaya ini mungkin lakukan untuk asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.

5. Obat kuat yang alami

Konsumsi semangka pada pria dapat mengurangi dan mengobati impoten. Penelitian ini dituturkan oleh  Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily. Tentu saja semangka tidak menimbulkan efek samping seperti yang terjadi pada orang yang mengkonsumsi obat  kuat.
6. Mengatasi Sembelit

Semangka adalah buah yang mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit terutama karena kekurangan serat larut dalam usus. Serat yang terdapat pada semangka bisa membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.

7. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu jenis kelainan yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air mineral. Semangka menjadi buah yang menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air. Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, tidak bertenaga dan kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal.

8. Mencegah Peradangan

Peradangan yang terjadi pada organ tubuh bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Kandungan senyawa kolin yang ditemukan dalam semangka memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh untuk menciptakan efek santai, dan memperbaiki ingatan otak. Senyawa kolin dalam manfaat semangka ini, juga memiliki peran untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal syaraf otak dan motorik serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

0 Response to "Manfaat Buah Semangka Sangat Cocok Buat Buka Puasa"

Posting Komentar